Tips SEO Wordpress

Tips SEO untuk wordpress bagi para pemula. Wordpress adalah salah satu platform blogging terbaik. Yang paling menonjol dari wordpress adalah dari segi seo friendlynya. Bagi yang belum tau apa itu wordpress maka saya akan memberikan sedikit gambaran. Wordpress adalah sebuah script untuk web khususnya blog. Ada dua jenis wordpress, yaitu yang versi gratis dengan subdomain domain di Wordpress.com dan versi CMS (content management system).

Ok kembali ke maslah SEO, dalam dunia seo secara mendasar memiliki kesamaan, jika dilihat dari segi ofpage SEOnya. Akan tetapi yang saya tekankan disini adalah dari segi Onpage SEO. Karena secara ofpage semua faktor seo memiliki kesamaan yang sangat mendasar. sedangakan Onpage adalah bagai mana sebuah content management system bisa mudah untuk di optimasi dan di dukung oleh kumunitas pengguna. Dari segi yang satu ini maka seo wordpress memiliki peringkat teratas dari yang lainya.

untuk melakukan optimasi agar wordpress lebih seo friendly pertama yang harus dilakukan adalah :

1. Tentukan target yang ingin di capai dengan niche Homepage blog sebagai kata kunci. Ketika membuat sebuah blog sobat harus memperhatikan hal ini dari awal, kebanyakan blogger pemula lebih memilih menentukan targetnya belakangan yang penting ngeblog dulu. Saya sendiri pun mengalami hal ini, untuk itu bagi yang pemula sebaiknya Pertimbangkan sejak awal target / kata kunci yang akan di bidik. Maka proses optimasi akan lebih lancar dan tips SEO wordpress ini pun dapat berjalan dengan maksimal.

2. Gunakan judul artikel postingan yang mengandung kata kunci sebagai dasar SEO sobat. Agar artikel sobat mendapat urutan yang baik dan bahkan mungking berada di urutan teratas maka sobat harus memperhatikan judul setiap artikel. Pertimbanganya tentukan judul unik yang menarik dan yang memungkinkan memiliki pangsa/ pencari yang tinggi serta targetkan kata kunci di postingan artikel misalnya : Tips SEO Wordpress classik Tapi Powerfull.

3. Struktur Permalink Yang SEO friendly. Permalink atau alamat url bawaan wordpress secara default kurang mendukung tips SEO untuk wordpress maka dari itu rubah permalink sobat agar lebih SEO friendly. Caranya adalah dengan menuju ke dasboerd wordpress terus pilih setting >> Permalink. pilih pengaturan Custom structur masukan kode /%postname%/ untuk menampilkan alamat url postingan artikel menjadi http://www.namadomain.com/judul postingan atau /%category%/%postname%/ untuk menampikannya menjadi http://www.namadomain.com/category/judulposting. Jika sudah simpan perubahan sobat.

3. Tautkan artikel atau postingan yang satu dengan yang lainya. Sebagai pengguna wordpress sobat bisa memanfaatkan plugin related article wordpress. atau bisa membuat link manual antara artikel yang satu dengan yang lain.

4. Gunakan Plugin wajib tips SEO wordpress AIO seo pack atau Platinum SEO untuk memberikan meta description dan keyword dengan lebih leluasa. Sehingga artikel sobat sekalian akan mudah ditemukan dan di cintai mesin pencari seperti google dn kawan-kawan.

5. Manfaat kan RSS sebagai sumber backlink. Tidak di pungkiri lagi semakin hari semakin banya para pembajak artikel yang memanfaatkan RSS untuk mendapatkan artikel dari blogger lain. Akan tetapi sobat blogger tidak perlu khawatir sebab dengan plugin RSS footer ini sobat akan di untungkan yaitu dengan mendapat backlink jika seseorang memanfaatkan rss sebagai media auto pilot atau autoblog. Yang mengguntungkan lagi kita dapat mensubmit blog ke directorry rss submitter dan backlink akan melimpah ruah.

Saya kira sampai di sini dulu Tips seo untuk wordpress, entar di sambung lagi di postingan berikutnya. semoga tips seo wordpress ini bermanfaat untuk sobat sekalin. semoga sukses.